Gejala Mimisan Pada Anak yang Harus Diwaspadai


Kejadian mimisan pada anak merupakan hal yang biasa terjadi, sehingga kebanyakan orang tua tidak akan berpikir terlalu jauh mengenai dampak yang ditimbulkan. Meski begitu, tidak semua kasus mimisan merupakan hal yang wajar, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda adanya sebuah gangguan dalam tubuh si kecil. Berikut gejala mimisan yang patut Anda waspadai.

Sering Mimisan
Jika anak mengalami mimisan akibat benturan benda keras atau terjadi satu kali dalam kurun waktu yang lama, maka hal tersebut merupakan hal yang wajar. Akan tetapi bila frekuensi anak mengalaminya lebih sering atau bahkan hingga terjadi beberapa kali dalam seminggu, Anda perlu waspada akan hal itu.

Jangan anggap remeh suatu kelainan yang terjadi pada buah hati Anda. Anggapan bahwa anak biasa mimisan ketika panas juga bisa salah. Untuk memastikan apakah mimisan tersebut merupakan sesuatu yang berbahaya atau tidak, sangat dianjurkan untuk menemui dokter untuk mendapatkan diagnosa yang akurat. 

Lama Tidak Berhenti
Mimisan pada anak yang disebabkan oleh gajala umum dan bisa ditangani dengan mudah biasanya memiliki rentan waktu 5 -10 menit. Jika telah dilakukan pertolongan pertama namun pendarahan tidak juga berhenti, maka Anda perlu waspada dengan kemungkinan penyakit yang terjadi. Bisa jadi anak Anda mengalami penyakit Hemofilia.

Penyakit ini merupakan ganguan yang terjadi akibat ketidakmampuan sistem dalam membekukan darah. Gangguan ini menyerang persendian serta jaringan lunak yang terdapat dalam tubuh. Tak jarang anggota tubuh tersebut juga mengalami leban dan memar. Penyakit ini sebagian besar diderita oleh anak laki-laki.

Mimisan Disertai Lendir
Apabila putra-putri Anda mengalami mimisan yang disertai dengan keluarnya lender, maka sebaiknya Anda perlu waspada akan hal ini. Gejala tersebut merupakan tanda awal terjadinya tumor pada hidung. Biasanya gejala ini disertai dengan hidung tersumbat, gangguan untuk membaui sesuatu, mati rasa pada gigi, atau bahkan keluarnya nanah dari hidung.

Menyebabkan Sesak Nafas
Apabila mimisan yang dialami oleh si kecil terjadi tidak kunjung berhenti atau bahkan hingga menyebabkan gangguan pernapasan, maka Anda sebaiknya tidak menganggap remeh kondisi tersebut. Bisa jadi kondisi tersebut merupakan sebuah pertanda akan terjadinya penyakit berat yang menimpa putra-putri Anda. Segera periksa ke dokter untuk mendapat diagnose lebih lanjut.

Mimisan Disertai Demam
Jika darah keluar dari hidung ketika si kecil sedang dalam keadaan demam, maka demam ataupun mimisan yang terjadi merupakan pertanda terjadinya penyakit lain. Kondisi ini umum terjadi pada anak yang mengalami demam berdarah. Jadi sangat diajurkan Anda membawa si kecil ke pihak medis untuk mendapatkan pengobatan secepatnya.

Anda harus memperhatikan dengan benar apa yang menyebabkan mimisan pada anak Anda serta gejala lanjutan yang dialaminya. Kecermatan ibu ini bisa menyelamatkan sang buah hati dari kemungkinan terjadinya penyakit yang lebih berbahaya. Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan kunjungi orami.co.id untuk mendapat info dan tips parenting terbaru.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gejala Mimisan Pada Anak yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar